Jumat, 09 Maret 2018

Peringati Hari Peduli Sampah Nasional, Forkopimda Kabupaten Lumajang bersama Komponen Masyarakat Bersihkan Kali Asem

Pendim 0821 : Dandim 0821 ikut turun bersama masyarakat dalam pembersihan Kali Asem

Dalam rangka memperingati Hari Sampah Nasional tahun 2018, Forkopimda kabupaten Lumajang menggelar karya bakti bersama membersihkan Kali Asem, obyek sasaran pembersihan tersebut dimulai dari posisi sungai yang berada di belakang masjid Agung K.H. Anas Mahfud kelurahan Tompokersan sampai wilayah Dam Gambiran kelurahan Rogotrunan kecamatan Lumajang kabupaten Lumajang, Jum`at (9/3/2018)

Kegiatan tersebut dihadiri oleh seluruh jajaran Forkopimda kabupaten Lumajang dengan menghadirkan personel dan karyawan dari masing masing instansi jajaran Pemkab Lumajang, sedangkan unsur TNI Polri dari Kodim 0821 dan Polres Lumajang serta diikuti oleh kalangan pelajar dan juga warga masyarakat kota Lumajang yang turut berpartisipasi dalam pelaksanaan kegiatan.

Drs. Yos Sudarso, MM selaku Kepala Dinas Lingkungan Hidup kabupaten Lumajang menyampaikan, bahwa kegiatan ini merupakan Program Kali Bersih (Prokasih) dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional yang diwujudkan dengan membersihan bantaran kali Asem dikanan kirinya dari sampah, selain dalam rangka Hari Peduli Sampah Nasional, kegiatan Program Kali Bersih merupakan program yang sudah dicanangkan oleh pemerintah dan harus dilaksanakan dalam setiap tiga bulan sekali, ungkapnya.

Plt. Bupati Lumajang dr. Buntaran Supriyadi, M. Kes. Yang turut hadir bersama para pejabat jajaran Forkopimda menyatakan, ”kegiatan seperti sangatlah mulia dan penuh makna bagi diri kita dan bermanfaat bagi seluruh masyarakat, sampah yang ada sebenarnya adalah sesuatu yang berguna jika dimanfaatkan dan tidak dibuang pada sembarang tempat apalagi di sungai, terangnya.

Banyak hal yang bisa diambil manfaat dari sampah, yang bersifat organik bisa dijadikan sebagai pupuk kompos dan berfungsi pada tanaman sedangkan yang bersifat non organik bisa di daur ulang untuk dimanfaatkan pada banyak hal seperti kerajinan yang tentunya akan bisa menambah nilai ekonomi, jelasnya.

Sementara Dandim 0821 Lumajang Letnan Kolonel Czi Agus Iskarman, S.E. yang juga turut hadir dan berbaur dengan seluruh komponen masyarakat dalam pelaksanaan kerja bakti tersebut juga mengajak dan menghimbau seluruh lapisan masyarakat Lumajang untuk senantiasa menjaga sungai dari kebersihannya dengan tidak membuang sampah pada sembarang tempat, terlebih lagi jika dibuang di sungai, karena hal ini dapat mencemari sungai dan akan menganggu kelangsungan ekosistem yang berada didalamnya, Jelas Letkol Agus.

Dengan kondisi sungai yang bersih tentunya hal ini akan mendukung kelestarian lingkungan dari polusi dan pencemaran yang dampaknya bisa dirasakan oleh seluruh masyarakat, keberlangsungan ekosistem didalamnya juga dapat dirasakan dan dimanfaatkan hasilnya bagi kita semua, untuk mari kita jaga kebersihan dengan tidak membuang sampah disungai agar sungai tetap lestari dan bisa dinikmati oleh generasi mendatang, pungkas Dandim. (Pendim0821)
Share:

0 komentar:

Posting Komentar


JUMLAH PENGUNJUNG

MAP PENGUNJUNG