Jumat, 30 Maret 2018

Peduli Dengan Petani, Personel Koramil 0821/14 Pronojiwo Bersama Warga Rehabilitasi Embung


Sebagai upaya untuk meningkatkan produksi panen bagi petani, personel korsmil 0821/14 Pronojiwo bersama dusun Kebonsenin desa Sidomulyo kecamatan Pronojiwo kabupaten Lumajang melaksanakan karya bakti untuk menormalisasi embung/penampungan dari sumber mata air di dusun setempat, Jum'at (30/3/2018)


Bati Komsos Koramil 0821/14 Pronojiwo mewakili Danramil mengatakan, pelaksanaan kegiatan yang melibatkan warga dusun Kebonsenin merupakan hasil musyawarah bersama dengan pemerintah desa pada beberapa hari yang lalu dengan hasil kesepakatan untuk menormalisasi embung yang ada di dusun tersebut, ujarnya.


Dikatakan lebih lanjut oleh Serma Danang, " selama ini banyak warga yang memberikan masukan agar embung yang ada dan sudah lama tidak berfungsi tersebut agar diupayakan untuk dinormalisasi, karena banyak manfaat yang bisa diambil jika embung tersebut bisa berfungsi, diantaranya dapat memenuhi kebutuhan pengairan bagi para petani, terangnya.


Hal yang sama juga disampaikan oleh Paiman kepala desa setempat, embung tersebut sudah lama tidak bisa berfungsi sebagaimana mestinya sekitar 40 tahunan,  tuturnya.


Hal ini karena tidak ada perawatan sama sekali,  sehingga embung tersebut mengalami pendangkalan yang diakibatkan oleh tertutupnya permukaan oleh lumpur pada saat hujan turun sehingga akhirnya mengalami pendangkalan dan pada permukaan juga ditumbuhi oleh rumput dan semak,  jelasnya.


Paiman juga menambahkan, fungsi embung sendiri banyak manfaat bagi warga, selain berfungsi sebagai pemenuhan kebutuhan suplai air bagi petani juga dapat menyuplai kebutuhan air bagi masyarakat yang digunakan sehari-hari, imbuhnya.


"Terima kasih kepada semua pihak terutama kepada korsmil Pronojiwo dan Dinas Pertanian melalui PPL yang telah merealisasikan rehabilitasi embung, muda-mudahan dengan selesainya program ini bisa dimanfaatkan oleh warga dalam pemenuhan kebutuhan air bersih dan kebutuhan air di lahan persawahan juga bisa mencukupi sehingga panen yang diharapkan mencapai target dari para petani, pungkasnya.


Hal senada juga dibenarkan oleh Totok,  S.P,  Koordinator Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) Kecamatan Pronojiwo,  Kegiatan ini merupakan realisasi program pertanian yang telah diajukan pada tahun 2017 dimana embung yang sempat tidak dimanfaatkan selama 40 tahun karena berkurangnya debit air kini direhabilitasi untuk kembali dimanfaatkan sebagai pasokan air bagi kebutuhan masyatakat Ds. Sidomulyo dan Ds. Pronojiwo, ungkapnya.


Semoga Normalisasi embung yang kita laksanakan bersama ini dapat memberikan manfaat bagi warga masyarakat dan berguna bagi petani untuk menunjang peningkatan hasil panennya,  program pemerintah dibidang ketahanan pangan bisa terwujud dan kesejahteraan warga terutama petani juga akan semakin meningkat, pungkasnya. (Pendim0821)
Share:

0 komentar:

Posting Komentar


JUMLAH PENGUNJUNG

MAP PENGUNJUNG