Kamis, 08 Maret 2018

Cegah Wabah Difteri, Babinsa Karang Anyar Yosowilangun Himbau Warga Aktif Dalam Kegiatan Posyandu

Pendim 0821 : Serka Wagiran bantu pelaksanaan posyandu di desa binaannya

Guna mencegah mewabahnya penyakit Difteri ditengah-tengah masyarakat, Babinsa Karanganyar Koramil 0821/11 Yosowilangun bersama dengan pihak Puskesmas Yosowilangun dan Bidan desa setempat menggelar pelaksanaan Posyandu, acara tersebut dilaksanakan bertempat di balai desa Karang Anyar kecamatan Yosowilangun kabupaten Lumajang,Kamis (8/3/2018)

Bidan Desa Karang Anyar Siti Alfiana mengatakan, kegiatan posyandu merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan dalam setiap bulan sekali dengan tujuan untuk memeriksa dan mengontrol perkembangan ibu hamil dan anak usia balita terutama berkaitan kondisi kesehatannya, dengan demikian segala permasalahan yang ada dapat di tangani secara dini, ungkapnya.

Pada kegiatan posyandu tersebut juga akan diadakan penimbangan kepada balita untuk mengecek pertumbuhannya, hal ini dilakukan guna melihat apakah berat badannya ada peningkatan atau justru sebaliknya, jika berat badan mengalami penurunan menunjukkan pertumbuhan anak tersebut tidak tumbuh berkembang dengan normal yang disebabkan oleh suatu gejala penyakit atau faktor lainnya sehingga dapat ditangani secara langsung, jelasnya.

Kegiatan posyandu kali ini juga  ada program pemberian vaksin Difteri, memontum waktunya sangat tepat, sekali datang dapat 2 tujuan yang bisa diperoleh, mengingat penyakit Difteri merupakan jenis penyakit baru yang membahayakan dan kebanyakan penyakit tersebut berjangkit pada usia anak-anak yang biasanya mempengaruhi selaput lendir dan tenggorokan. Difteri umumnya menyebabkan sakit pada tenggorokan menyebabkan demam, kelenjar bengkak, dan lemas, apabila terlambat dalam penanganan penyakit ini bisa menyebabkan kerusakan pada jantung, ginjal dan sistem saraf, kondisi seperti itu pada akhirnya bisa berakibat sangat fatal dan berujung pada kematian, terang Alfiana.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Serka Wagiran Babinsa Karang Anyar Koramil 0821/11 Yosowilangun yang mendampingi dalam kegiatan tersebut, Difteri merupakan suatu jenis yang berbahaya bagi manusia dan pada umunya menyerang pada usia anak, dengan adanya pemberian vaksin tersebut merupakan upaya untuk mencegah agar penyebaran penyakit tersebut dapat ditangkal, jelasnya.

”Kami juga menghimbau dan mengajak kepada masyarakat terutama yang memiliki anak usia balita agar datang secara aktif ditempat kegiatan posyandu, bagi yang belum diberikan vaksinasi Difteri agar menyampaikan kepada petugas yang ada di lapangan guna dilakukan dalam pemberian vaksin tersebut, mengingat penyakit tersebut sangat berbahaya jika sudah terjangkit terutama pada anak-anak, harapnya.

Dengan pemberian vasin tersebut anak-anak dapat terbebas dari bahaya penyakit yang mengancam, program balita sehat tentunya dapat terwujud guna meningkatkan taraf hidup ditengah-tengah masyarakat dibidang kesehatan, pungkasnya. (Pendim0821)
Share:

0 komentar:

Posting Komentar


JUMLAH PENGUNJUNG

MAP PENGUNJUNG