Kamis, 15 Maret 2018

Dampingi PPL, Babinsa Labruk Kidul Anjangsana Bagikan Kartu Tani


Babinsa Labruk Kidul Koramil 0821/19 Sumbersuko bersama PPL Upt. Pertanian kecamatan Sumbersuko melaksanakan anjangsana untuk menyalurkan Kartu Tani kepada warga yang berada di wilayah rt. 10 rw. 02 dusun Krajan Timur desa Labruk Kidul kecamatan Sumbersuko kabupaten Lumajang, Kamis (15/3/2018)


Dalam penyampaiannya di rumah Suparman salah satu warga setempat, Babinsa Labruk Kidul Kopka M. Sholeh menyampaikan,  Kartu Tani merupakan alat transaksi berupa kartu debit yang dapat digunakan untuk membeli pupuk bersubsidi, Kartu tani ini juga dapat digunakan untuk memonitor penyaluran pupuk bersubsidi yang menggunakan anggaran dari pemerintah,
secara umum Kartu Tani adalah merupakan alat untuk membantu petani dalam menjalankan kegiatannya seperti mendapatkan fasilitas kredit usaha rakyat (KUR), penyediaan pupuk hingga pengumpulan hasil panen yang akan diserap oleh Bulog, paparnya.


Babinsa Labruk Kidul menambahkan, bahwa saat ini pemerintah telah menargetkan program dibidang ketahanan pangan nasional, dengan adanya program tersebut sebagai Babinsa yang bertugas melaksanakan pendampingan kepada petani mengajak untuk dapat meningkatkan produksi panen dan diharapkan dukungannya dalam meningkatkan penjualan hasil panen kepada Bulog agar daya stok gabah dan beras nasional tetap terjaga, pungkasnya.


Mengenai Kartu Tani, Sri Widyawati, S.P selaku PPL Upt. Pertanian kecamatan Sumbersuko juga menambahkan, pemegang kartu tani juga berhak mendapatkan klaim asuransi pertanian jika mengalami kegagalan panen, selain itu kartu tani merupakan kartu identitas bagi petani yang semula dikembangkan untuk menyalurkan pupuk bersubsidi langsung kepada petani yang tergabung dalam kelompok tani sesuai waktu tanam, tuturnya.


Upaya ini merupakan langkah pemerintah untuk mendukung program yang dilaksanakan guna mencapai target sesuai dengan harapan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya bagi warga petani, pungkasnya.


Sementara Suparman warga setempat mengucapkan terima kasih atas segala bantuan pemerintah lewat pendampingan yang selama ini sudah dilakukan oleh Babinsa dan PPL, pihaknya juga akan mendorong dan mengajak warga petani yang lain untuk menjual gabah maupun beras kepada Bulog guna mendukung program yang sudah dicanagkan oleh pemerintah, pungkasnya singkat. (Pendim0821)
Share:

0 komentar:

Posting Komentar


JUMLAH PENGUNJUNG

MAP PENGUNJUNG