Minggu, 18 Maret 2018

Perlancar Aliran Air, Babinsa Kalibendo Perbaiki Gorong-gorong Bersama Warga


Guna memperlancar aliran air menuju areal persawahan warga, Babinsa Kalibendo bersama warga memperbaiki gorong-gorong yang pecah akibat tidak kuat menahan beban berat yang terletak di Dusun Sudimoro RT 02 RW 05 Desa Kalibendo Kecamatan Pasirian Kabupaten Lumajang, Minggu (18/03/2018).


Menurut Suharto selaku Kepala Desa Kalibendo, gorong-gorong yang diperbaiki ini merupakan saluran irigasi yang memotong jalan usaha tani di desa ini sehingga tiap hari diatasnya sering dilewati kendaraan.


“Pecahnya gorong-gorong ini diakibatkan tidak kuat menahan beban berat kendaraan yang melaluinya sehingga pecahan gorong-gorong dapat menyumbat aliran air yang menuju ke arel persawahan warga,” tambahnya.


“Dengan tersumbatnya aliran air, maka petani akan mengalami kesulitan saat akan mengairi lahan pertaniannya, untuk itu perlu segera diadakan perbaikan agar aliran air menjadi lancar kembali,” tuturnya.


Sementara itu Babinsa Kalibendo Sertu Nanang mengatakan perbaikan gorong-gorong ini merupakan salah satu upaya dalam meningkatkan hasil pertanian khususnya di Desa Kalibendo.


“Apabila air lancar, maka petani tidak mengalami kesulitan dalam mengairi lahan pertanian dan dapat lebih berkonsentrasi dalam upaya meningkatkan hasil pertaniannya,” lanjutnya.


“Setelah perbaikan ini, diharapkan kesadaran dan peran serta warga untuk menjaga dan memelihara fasilitas yang ada agar kelancaran aliran air dapat terjaga dan dapat memenuhi kebutuhan air di areal pertanian petani,” pungkasnya. (Pendim0821)
Share:

0 komentar:

Posting Komentar


JUMLAH PENGUNJUNG

MAP PENGUNJUNG