Sabtu, 24 Maret 2018

Perlancar Irigasi, Babinsa Karangbendo Bersama Anggota Poktan Perbaiki Dam


Guna mewujudkan sarana irigasi yang memadai untuk kebutuhan para petani dalam mengairi lahannya, Babinsa Karangbendo Koramil 0821/15 Tekung bersama anggota kelompok tani Pasinan Muda 2 melaksanakan karya bakti bersama dalam memperbaiki saluran irigasi yang ada di dusun Pasinan desa Karangbendo kecamatan Tekung kabupaten Lumajang, Sabtu (24/3/2018)


Menurut Buang selaku ketua kelompok tani desa setempat mengatakan, kegiatan gotong royong yang saat ini dilakukan merupakan upaya untuk memperbaiki Dam saluran irigasi yang telah memgalami kerusakan, ujarnya.


"Kerusakan Dam tersebut terjadi pada beberapa hari lalu yang diakibatkan tingginya curah hujan menyebabkan pintu Dam jebol akibat diterjang derasnya air yang masuk kedalam saluran irigasi, dampaknya air meluber masuk ke lahan persawahan warga, terangnya.


Buang juga menambahkan, Dam saluran irigasi ini harus segera diupayakan perbaikan agar saluran air bisa normal kembali pada semestinya dan suplai air yang diperlukan bagi petani yang tergabung dalam kelompok tani bisa teratur kembali, tambahnya.


Pihaknya juga sangat mengapresiasi terhadap semua pihak terkait yang telah peduli terhadap kendala yang dihadapi para petani, "muda-mudahan dengan perbaikan Dam saluran irigasi ini dapat menormalisasi saluran air serta kebutuhan air yang diperlukan untuk pengairan lahan petani juga tepat sesuai dengan yang diharapkan, pungkasnya.


Sementara Babinsa Karangbendo koramil 0822/15 Tekung serda M.  Wiyono menyampaikan, upaya yang dilakukan saat ini merupakan bentuk kepedulian terhadap kendala yang dihadapi.


Serda M.  Wiyono juga menambahkan, bahwa sarana irigasi merupakan sarana yang mutlak bagi para petani dalam mencukupi kebutuhan suplai air dilahannya, dengan ketersediaan air yang cukup tanaman padi juga akan tumbu dengan normal sehingga hasil panen yang diharapkan dapat terwujud,  jelasnya.


Sebagai Babinsa yang bertugas melaksanakan pendampingan bagi para petani dalam program ketahanan pangan nasional, pihaknya akan selalu siap membantu dan mendukung langkah petani bersama dengan pihak terkait lainnya guna meningkatkan kesejahteraan petani sekaligus menunjang program pemerintah dalam berswasembada pangan terutama ketersediaan stok beras nasional pada awal tahun, harapnya. (Pendim0821)
Share:

0 komentar:

Posting Komentar


JUMLAH PENGUNJUNG

MAP PENGUNJUNG