Jumat, 13 April 2018

Cegah Penyebaran Demam Berdarah, Babinsa Ranulogong Dukung Pelakasanaan PSN


Menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan khususnya pada saat musim hujan perlu untuk ditingkatkan agar lingkungan selalu bersih dan sehat.  Guna mewujudkan hal tersebut, Babinsa Ranulogong Koramil 0821/07 Randuagung bersama dengan bidan desa, ibu-ibu PKK dan anggota Gerbang Mas melaksanakan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) yang bertempat di Dusun Krajan Tengah Desa Ranulogong Kecamatan Randuagung Kabupaten Lumajang, Jumat (13/04/2018).


Yanuar, Bidan Desa Ranulogong mengatakan pelaksanaan PSN ini bertujuan untuk mencegah perkembangbiakan nyamuk Aides Aegypti sebagai pembawa virus dengue yang dapat menyebabkan penyakit demam berdarah.


“Fooging saja tidak cukup dalam mencegah perkembangbiakan nyamuk ini karena fooging hanya membasmi nyamuk dewasa saja sedangkan jentik-jentiknya masih dapat berkembang menjadi nyamuk dewasa,” jelasnya.



“Dengan PSN, jentik-jentik nyamuk yang berkembangbiak di tempat penampungan air dapat kita minimalisir yaitu dengan melaksanakan 3 M (Menguras, mengubur dan menutup tempat penampungan air),” lanjut Yanuar.


Sementara itu, Babinsa Ranulogong Sertu Mujiono juga mengatakan selain fooging pelaksanaan PSN ini sangat perlu untuk dilakukan agar perkembangbiakan nyamuk Aedes Aegypti dapat dimimalisir.


“Dalam kegiatan ini juga disosialisasikan kepada warga untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan serta melaksanakan 3M plus agar nyamuk tidak dapat berkembang biak,” tambahnya.


“Diharapkan kegiatan ini dilaksanakan secara rutin dan berkesinambungan agar kebersihan llingkungan serta kesehatan masyarakat dapat selalu terjaga sehingga dapat terwujud masyarakat Desa Ranulogong yang sehat dan kuat,” pungkas Sertu Mujiono. (Pendim0821)
Share:

0 komentar:

Posting Komentar


JUMLAH PENGUNJUNG

MAP PENGUNJUNG