Selasa, 24 April 2018

Peduli Lingkungan, Personel Koramil 0821/11 Yosowilangun Karya Bakti Bersama Warga Bersihkan Saluran Irigasi


Personel Koramil 0821/11 Yosowilangun menggelar pelaksanaan karya bakti Peduli Lingkungan, kegiatan yang melibatkan warga masyarakat yang tergabung dalam kelompok tani Rowo Jali tersebut juga dihadiri oleh perangkat desa, sasaran dalam pelaksanaan program tersebut membersihkan sungai BTK 5 yang merupakan saluran irigasi sekunder yang berada di wilayah rt. 07 rw. 08 dusun Krajan desa Yosowilangun Lor kecamatan Yosowilangun kabupaten Lumajang, Selasa (24/4/2018)


Danramil 0821/11 Yosowilangun Kapten Arm Aji Joyo Kumoro yang berada dilokasi kegiatan mengatakan, bahwa pelaksanaan karya bakti dalam rangka membersihkan aliran sungai BTK 5 merupakan saluran irigasi sekunder yang berfungsi mengairi lahan persawahan warga yang ada di wilayah tersebut, ungkapnya.


Kegiatan ini merupakan wujud kepedulian TNI dalam hal ini pihak Koramil 0821/Yosowilangun terhadap kondisi lingkungan yang berada di wilayah, sungai BTK 5 merupakan penopang kebutuhan irigasi bagi warga petani yang berada diwilayah tersebut untuk menyuplai distribusi pengairan menuju saluran irigasi tersier sehingga perlu adanya normalisasi dengan diadakan pembersihan agar alirannya semakin lancar, jelas Kapten Aji.


Lebih lanjut Kapten Aji mengatakan, kegiatan ini dapat terlaksana karena adanya kerjasama dan koordinasi yang baik Babinsa Yosowilangun Lor dengan pihak-pihak terkait, selain mewujudkan lingkungan sungai yang bersih, upaya ini juga bertujuan untuk merealisasikan dan mendukung program pemerintah di bidang ketahanan pangan nasional dalam mewujudkan swasembada pangan nasional dalam negeri serta meningkatkan kesejahteraan bagi petani melalui sarana irigasi yang lancar sehingga hasil panen yang diharapkan juga mengalami peningkatan, pungkasnya.


Hal yang serupa juga disampaikan oleh Widodo selaku Ketua HIPPA (Himpuna Petani Pemakai Air) desa setempat, aliran sungai BTK 5 merupakan induk dari saluran irigasi yang bisa mendistribusikan pengairan melalui beberapa saluran irigasi tersier yang ada di area lahan persawahan warga petani, banyak rumput tumbuh disepanjang sungai baik di kanan dan kirinya mengakibatkan aliran airnya menjadi tidak lancar, tuturnya.


Ia juga menambahkan, dengan kegiatan pembersihan ini aliran air sungai menjadi lancar dan bersih, distribusi menuju aliran irigasi tersier menjadi normal kembali sehingga pengairan menuju area persawahan petani tidak mengalami kendala, kepada warga juga dihimbau agar tidak membuang sampah ke sungai, karena hal tersebut akan membuat aliran air menjadi terhambat  dan mencemari lingkungan sungai, terangnya.


Mewakili para petani kami mengucapkan terimakasih dan apresiasi yang tinggi kepada personel Koramil Yosowilangun, terutama kepada Babinsa yang selama ini sudah melakukan upaya pendampingan kepada para petani dengan maksimal, Kami berharap kerjasama yang selama ini sudah berjalan dengan baik dapat meningkatkan hasil produksi panen petani dan pelaksanaan program ketahan pangan nasional untuk berswasembada pangan dapat tewujud, pungkasnya. (Pendim0821)
Share:

0 komentar:

Posting Komentar


JUMLAH PENGUNJUNG

MAP PENGUNJUNG