Kamis, 26 April 2018

Wujud Kepedulian Lingkungan, Koramil 0821/19 Sumbersuko Ikut Aktif Bersihkan Sungai Balem


Kelestarian lingkungan perlu untuk kita jaga dan pelihara agar selalu dapat memberikan manfaat kepada kita semua sampai kapanpun.  Seperti yang dilaksanakan Personel Koramil 0821/19 Sumbersuko yang berperan aktif dalam pembersihan Sungai Balem yang berada di Dusun Krajan RT 13 RW 05 Desa Labruk Kidul Kecamatan Sumbersuko Kabupaten Lumajang, Kamis (26/04/2018).

Di sela kegiatan, Moch. Hanip selaku petugas Dinas PU  Pengairan mengatakan bahwa tujuan utama dari pelaksanaan kegiatan ini untuk menjaga dan memelihara aliran air agar tetap lancar.


“Sasaran kegiatan kali ini dititik beratkan pada pembersihan sampah yang menyumbat serta pengerukan kembali saluran Sungai Balem dari timbunan tanah dan lumpur yang dapat mengurangi debit air yang dialirkan oleh sungai ini akibat dari pendangkalan,” tambahnya.


“Dengan lancarnya aliran air, diharapkan dapat menunjang kelestarian lingkungan hayati  sungai serta dapat menunjang ketersediaan kebutuhan air bagi para petani yang lahan pertaniannya dilalui aliran Sungai Balem ini,” harap Moch. Hanip.


Di lain pihak, Danramil 0821/19 Sumbersuko Kapten Arh Bambang Suwedi mengatakan bahwa peran aktif anggota Koramil Sumbersuko dalam kegiatan ini merupakan salah satu wujud kepedulian TNI terhadap masyarakat khususnya terhadap lingkungan.


“Kita akan selalu siap membantu dan mensukseskan setiap program pemerintah daerah dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat  serta upaya untuk menjaga kelestarian lingkungan agar selalu dapat memberikan manfaat sampai anak cucu kita kelak,” tegasnya.


Lebih lanjut Danramil menghimbau kepada masyarakat untuk selalu menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan sekitar, salah satunya dengan tidak membuang sampah di sembarang tembat terlebih ke sungai karena sungai merupakan ekosistem hayati yang besar manfaatnya bagi makhluk hidup.


“Dengan terjaganya kelestarian sungai, diharapkan juga dapat meningkatkan debit air yang dialirkan sehingga dapat menunjang peningkatan hasil pertanian di wilayah Desa Labruk Kidul demi terwujudnya swasembada pangan yang saat ini tengah diupayakan oleh pemerintah,” pungkas Danramil. (Pendim0821)
Share:

0 komentar:

Posting Komentar


JUMLAH PENGUNJUNG

MAP PENGUNJUNG