Senin, 16 April 2018

Tim GAKY kecamatan Kunir Laksanakan Razia Garam di Pasar Kunir


Tim gabungan Gangguan Akibat Kekurangan Yodium (GAKY) Kecamatan Kunir yang terdiri dari Personel Koramil 0821/13 Kunir diwakili oleh Babinsa Kunir Lor, Camat Kunir, petugas Puskesmas kunir, koordinator BPP Kunir dan staf Desa Kunir Lor menggelar razia garam beryodium di toko-toko distributor yang ada di Pasar Kunir, Senin (16/04/2018).


Petugas Puskesmas Kunir, dr. Diana mengatakan razia ini dilakukan untuk mengantisipasi beredarnya garam tidak beryodium dari wilayah lain yang beredar di Pasar Kunir ini.


“Kegiatan yang dilakukan ini merupakan tindak lanjut untuk mengetahui seberapa besar kandungan yodium pada garam yang beredar dan dikonsumsi oleh masyarakat,” tambahnya.


“Kami laksanakan tes langsung di toko-toko distributor yang menjual garam dan apabila tidak memenuhi standart akan kami sita dan pemilik toko juga akan dikenakan sangsi.  Hal ini perlu kita lakukan karena garam yang kurang memenuhi syarat atau tidak mengandung yodium efeknya membahayakan konsumen,” tutur dr. Diana.


Sementara itu Serda Nuryono Babinsa Kunir Lor yang ikut dalam kegiatan tersebut mengatakan razia garam ke toko-toko yang ada di pasar Kunir ini akan terus dilakukan dan berkelanjutan agar peredaran garam tidak beryodium dapat diminimalisir sampai ke konsumen.


“Keterlibatan TNI dalam kegiatan ini merupakan wujud kepedulian TNI terhadap masyarakat khususnya bidang kesehatan karena garam tidak beryodium dapat memberikan dampak negatif pada kesehatan masyarakat terutama kepada ibu hamil,” lanjutnya.


“Diharapkan kepada masyarakat untuk lebih cermat dalam membeli garam dengan membaca kandungan yodium yang tertera di label pembungkus garam.   Semoga dengan kegiatan ini garam tak beryodium dapat di minimalisir peredarannya di pasaran sehingga masyarakat Kecamatan Kunir khususnya Desa Kunir Kidul dapat terhindar dari ancaman kekurangan yodium,” pungkas Serda Nuryono. (Pendim0821)
Share:

0 komentar:

Posting Komentar


JUMLAH PENGUNJUNG

MAP PENGUNJUNG