Selasa, 24 April 2018

Jelang Masa Tanam, Koramil 0821/10 Tempeh Dampingi Pembangunan Irigasi Tersier


Guna mempersiapkan periode tanam tahun 2018, Koramil 0821/10 Tempeh bersama dengan UPT Pertanian Tempeh melaksanakan pendampingan pembangunan jaringan irigasi tersier yang berada di lahan pertanian Poktan Eka Tani Dusun Sumberjo Desa Kaliwungu Kecamatan Tempeh Kabupaten Lumajang, Selasa (24/04/2018).


Kepala Koordinator Pertanian Kecamatan Tempeh Ir. Joko Purnomo, MMA di sela kegiatan mengatakan bahwa jaringan irigasi tersier yang dibangun ini memiliki panjang 194 meter dan lebar 50 sentimeter yang nantinya akan mengairi lahan pertanian seluas 55 hektar.


“Dalam periode tanam mendatang kita tidak ingin petani mengalami kendala dalam pengairan lahan pertanian sehingga dapat menghambat proses tanam, untuk mengatasi hal tersebut  pembangunan jaringan irigasi ini dilakukan,” jelasnya.


“Diharapkan dengan dibangunnya saluran irigasi tersier ini dapat membantu petani dalam mengatasi permasalahan kebutuhan air yang sering dialami petani dalam rangka mendukung suksesnya program swasembada pangan nasional,” tambah Joko Purnomo.


Sementara itu Kapten Inf Khoirul Anam Danramil 0821/10 tempeh mengatakan TNI sebagai pendamping pelaksanaan kegiatan pertanian di wilayah harus selalu siap membantu dan mendampingi petani dalam upaya meningkatkan hasil pertaniannya guna mensukseskan tujuan swasembada pangan nasional.


“Bila ada permasalahan dan kendala yang terjadi di lapangan yang dihadapi petani hendaknya segera diberitahukan kepada babinsa maupun PPL agar dapat segera dibicarakan dan dicarikan solusi terbaik atas dasar kesepakatan bersama sehingga petani dapat lebih konsentrasi dalam mengolah lahan pertaniannya,” tambahnya.


“Dengan dibangunnya jaringan irigasi tersier ini, ke depan diharapkan kerjasama dari para petani untuk selalu menjaga dan merawat jaringan irigasi tersier ini agar aliran air selalu lancar dan dapat memenuhi kebutuhan air lahan pertanian yang ada,” pungkas Danramil. (Pendim0821)
Share:

0 komentar:

Posting Komentar


JUMLAH PENGUNJUNG

MAP PENGUNJUNG