Jumat, 20 April 2018

Bersama Petani, Babinsa Jugosari Koramil Candipuro Bersihkan Saluran Irigasi


Sebagai salah satu upaya peningkatan hasil pertanian, Babinsa Jugosari Koramil 0821/09 Candipuro bersama petani anggota Poktan Rukun Makmur membersihkan saluran air sekunder dan tersier yang berada di Dusun Sumber Langsep Desa Jugosari, Jum'at (20/4/2018)


Pelaksanaan kegiatan ini dilaksanakan untuk menyambut musim tanam padi tahun ini sehingga petani tidak kesulitan mendapatkan air untuk mengairi lahan pertaniannya.  Seperti yang disampaikan Ponidi Hermanto, Ketua Poktan Rukun Makmur bahwa kegiatan pembersihan saluran irigasi dimaksudkan agar saat msim tanam tahun ini petani tidak terkendala saat mengairi lahan pertaniannya.


“Sasaran kegiatan pembersihan ini disamping membersihkan sampah dan dan rumput yang menghambat aliran air juga dilakukan pengeruhan kembali saluran irigasi agar dapat lebih banyak menampung debit air dan mengalirkannya dengan lancar,” tambahnya.


“Kegiatan ini perlu dilaksanakan menjelang musim tanam mengingat luas lahan yang diairi oleh saluran irigasi ini yang mencapai 328,23 hektar.  Semoga dengan pelaksanaan kegiatan pembersihan ini, kebutuhan air lahan pertanian dapat terpenuhi dan semoga musim panen mendatang dapat memperoleh hasil yang lebih memuaskan,” tandas Ponidi.


Hal serupa juga disampaikan oleh Babinsa Jugosari Serda Solekan, bahwa pelaksanaan kegiatan pembersihan saluran irigasi ini untuk menyambut musim tanam yang sebentar lagi akan dilaksanakan sehingga petani tidak mengalami kendala dalam mengairi lahan pertaniannya.


“Sebagai pendamping petani di lapangan bersama dengan PPL, kita harus selalu siap dan tanggap terhadap setiap permasalahan yang dihadapi petani. Kita bicarakan bersama untuk mendapatkan solusi agar permasalahan yang dihadapi petani dapat cepat terselesaikan,” lanjutnya.


“Semoga di musim tanam tahun ini hasil yang didapat melimpah demi terwujudnya swasembada pangan nasional sesuai dengan harapan pemerintah khususnya di wilayah Kecamatan Candipuro,” pungkas Serda Solekan. (Pendim0821)
Share:

0 komentar:

Posting Komentar


JUMLAH PENGUNJUNG

MAP PENGUNJUNG