Minggu, 06 Mei 2018

Babinsa Wonogriyo Koramil Tekung Berikan Motivasi Warga Budidaya Sereh


Pendampingan kepada para petani tidak hanya dilakukan pada peningkatan hasil panen padi di sawah, seperti yang dilakukan oleh Babinsa wonogriyo koramil 0821/15 Tekung bersama PPL yang melaksanakan pendampingan kepada kelompok tani Wonomulyo 5 yang berada di wilayah dusun Trenggalek desa Wonogriyo kecamatan Tekung kabupaten Lumajang dalam budidaya tananaman sereh dan pengolahannya, Minggu (6/5/2018)


Kopka Suyanto Babinsa setempat mengatakan, Komiditi tanaman sereh tidak terlalu banyak yang diketahui oleh kalangan masyarakat, fungsi dan kegunaannya yang besar hanya sebagaian kecil saja yang mengetahui digunakan sebagai bumbu masakan di dapur oleh kaum ibu, ujarnya.


Upaya ini dilakukan untuk mendorong kepada para kelompok tani mempunyai usaha sampingan selain menanam padi di sawah sehingga bisa menjadikan sebuah nilai ekonomi yang dapat menambah penghasilan untuk membantu kebutuhan dalam rumah tangga, jelasnya.


Dengan adanya upaya pendampingan bersama ini diharapkan mampu memberikan motivasi dan semangat untuk meningkatkan komoditi tanaman sereh yang nantinya akan diolah melalui proses penyulingan untuk diambil minyaknya, imbuhnya.


Sementara Tohir selaku PPL desa Wonogriyo juga menambahkan penyampaian dari Kopka Suyanto, banyak manfaat yang terkandung dalam tanaman sereh, selain dapat dijadikan bumbu masakan, tanaman dapat dimanfaatkan sebagai obat herbal yang mengandung banyak manfaat diantaranya meredakan sakit kepala, mengurangi sakit perut, mengurangi nyeri perut dan otot, membunuh kuman,
mengurangi demam, meningkatkan energi, meringankan kejang saluran pencernaan, dapat mengusir nyamuk dan lainnya, paparnya.


Ia juga menambahkan, semua proses tersebut melalui penyulingan yaitu dengan cara perebusan daun sereh dengan suhu yang tinggi sehingga uap yang dihasilkan melalui proses ini dapat menghasilkan minyak, tambahnya.


Muda-mudahan dengan adanya upaya pendampingan ini semua potensi yang dimiliki oleh para anggota kelompok tani Wonomulyo 5 ini dapat terus ditingkatkan dan semakin berkembang guna meningkatkan kesejahteraan anggota dari nilai sisi ekonomi, pungkasnya. (Pendim0821)
Share:

0 komentar:

Posting Komentar


JUMLAH PENGUNJUNG

MAP PENGUNJUNG