Sabtu, 19 Mei 2018

Babinsa Kaliwungu Bersihkan Irigasi Bersama Warga


Sebagai upaya untuk tetap memperlancar aliran air yang ada di saluran irigasi, Babinsa Kaliwungu Koramil 0821/10 Tempeh bersama dengan warga melaksanakan pembersihan saluran irigasi yang berada di Dusun Sumberejo Desa Kaliwungu Kecaman Tempeh, Sabtu (19/5/2018).


Tohir, Ketua Hippa Desa Kaliwungu yang juga hadir dalam kegiatan tersebut mengatakan bahwa pelaksanaan pembersihan saluran irigasi ini sebagai antisipasi agar aliran air yang mengalir melalui saluran ini selalu lancar tanpa ada yang menghambat.


"Sampah yang terbawa aliran air sering menumpuk dan menyebabkan aliran air tersumbat, selain itu endapan tanah yang juga terbawa arus air juga dapat menyebabkan pendangkalan dan penyumbatan saluran," tambahnya.


Lebih lanjut disampaikan Tohir, kegiatan pembersihan ini bukan hanya untuk membersihkan saluran irigasi dari sampah dan dan endapan tanah yang menyumbat saja tetapi juga pembersihan dari rumput dan tanaman liar yang tumbuh d sepanjang saluran air.


"Apresiasi dan ungkapan terima kasih disampaikan kepada babinsa yang telah aktif membantu dan memotivasi warga sehingga kegiatan pembersihan ini dapat berjalan dengan lancar dan sesuai dengan yang diharapkan," tutur Tohir.


Sementara itu Serda Satukin selaku babinsa setempat mengatakan kelancaran aliran air pada saluran irigasi harus selalu dijaga agar dapat memenuhi kebutuhan air lahan pertanian warga yang dilaluinya.


"Dengan lancarnya aliran air pada saluran sepanjang 400 meter, lebar 250 sentimeter dan kedalaman 70 sentimeter ini, maka kebutuhan lahan pertanian akan air todak mengalami kendala dan petani dapat lebih berkonsentrasi dalam upaya peningkatan hasil pertaniannya demi terwujudnya swasembada pangan khususnya di wilayah Desa Kaliwungu," tambahnya.


"Mari kita jaga bersama saluran irigasi yang ada agar selalu lancar dan bersih sehingga dapat menunjang upaya petani dalam meningkatkan hasil pertanian sehingga dapat memacu meningkatnya kesejahteraan petani sesuai dengan yang diharapkan pemerintah," ajak Serda Satukin. (Pendim0821)
Share:

0 komentar:

Posting Komentar


JUMLAH PENGUNJUNG

MAP PENGUNJUNG