Kamis, 21 Maret 2019

Personel Koramil Candipuro Bersama Elemen Masyarakat Bersihkan Material Longsor


Hujan yang mengguyur wilayah Kecamatan Candipuro menyebabkan longsornya tebing di sisi jalan KM 57 Piket Nol yang masuk Desa Sumberwuluh Kecamatan Kecamatan Candipuro Kabupaten Lumajang Jawa Timur, mengakibatkan jalur Malang - Lumajang Lumpuh total, Kamis (21/3/2019).

Personel gabungan dari TNI, Polri, BPBD Kabupaten Lumajang dibantu warga setempat, bahu membahu membersihkan tumpukan material longsor berupa tanah bercampur bebatuan.

Menurut Danramil 0821/09 Candipuro, Kapten Cba Nur Ismoyono, bahwa longsor yang terjadi pada dini hari tersebut diakibatkan oleh curah hujan yang turun terus menerus mengguyur wilayah Kecamatan Candipuro selama 3 hari.

“Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, namun sejumlah pengendara dari arah Lumajang menuju Malang harus memutar arah melewati jalur alternatif di Desa Ranupani,” terangnya.

“Melihat volume longsor dengan panjang 25 meter, lebar 8 meter dan ketinggian mencapai 5 meter, kita juga melibatkan alat berat, guna mempercepat proses pembersihan material longsor,” tambah Danramil.

Sementara itu Serda Mohammad Sodiq, babinsa setempat juga mengatakan, bahwa setelah mendapat laporan dari warga, pihaknya segera melakukan koordinasi dengan pemerintah desa dan pihak terkait.

Dirinya juga mengungkapkan, jalur Lumajang – Malang yang melewati Piket Nol merupakan daerah rawan longsor khususnya saat musim hujan, hal ini dikarenakan kondisi tanah di daerah tersebut sangat gembur.

“Mengingat wilayah Kecamatan Candipuro sangat berpotensi terjadi bencana longsor, gunung meletus dan puting beliung, bersama pemerintah desa, kita selalu menghimbau kepada masyarakat untuk selalu waspada, terutama apabila curah hujan tinggi yang turun secara terus,” tutur Serda Sodiq.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar


JUMLAH PENGUNJUNG

MAP PENGUNJUNG