Kamis, 21 Maret 2019

Peduli Kesehatan Lingkungan, Babinsa Kalipepe Bantu Program Pengasapan (Fogging)


Sebagai upaya untuk menciptakan lingkungan yang bersih agar terbebas dari sarang nyamuk, Babinsa Kalipepe Koramil 0821/11 Yosowilangun membantu petugas dalam rangka Pemberantasan Sarang Nyamuk melalui sistem pengasapan (Fogging) di wilayah Dusun Wadaan RT 03 RW. 04 Desa Kalipepe Kecamatan Yosowilangun Kabupaten Lumajang, Kamis (21/3/2019).

Pelda Mashuri, Babinsa setempat mengatakan pemberantasan nyamuk  dengan sistem pengasapan (Fogging) dilakukan sebagai upaya untuk mengantisipasi mewabahnya penyakit DBD yang diakibatkan oleh nyamuk ditengah pemukiman warga yang menjadi  binaannya.

”Dampak musim hujan seperti saat ini, banyak menimbulkan berbagai masalah yang dihadapi oleh warga, salah satu diantaranya adalah problem kebersihan lingkungan, melalui kegiatan pengasapan yang dititik beratkan pada sekitar perumahan warga dapat menekan ekosistem pertumbuhan sarang nyamuk agar tidak berkembang biak dengan baik sehingga wabah penyakit DBD bisa diantisipasi sejak dini," terangnya. 

"Melalui kegiatan ini, kita juga menghimbau sekaligus mengajak kepada warga untuk senantiasa menciptakan lingkungan yang bersih disekitar rumah masing-masing, tidak membuang sampah di sembarang tempat, serta mengupayakan tidak ada genangan air di sekitar pemukiman, membersihkan serta menguras bak air secara rutin agar tidak dijadikan tempat sarang nyamuk," tutur Pelda Mashuri.

Hal yang sama juga disampaikan Edi Purwanto, Kades Kalipepe, bahwa meskipun pemerintah telah membuat program, warga juga diminta untuk selalu pro aktif dalam hal kebersihan lingkungan, karena semua itu merupakan tanggungjawab bersama, sehingga pola hidup bersih dan sehat dapat diwujudkan guna menjadikan masyarakat yang sejahtera dan bermartabat.

"Dengan pola hidup bersih dan sehat yang sudah diterapkan oleh masyarakat, merupakan bagian dari upaya antisipasi sejak dini, sehingga ancaman mewabahnya penyakit DBD dapat dicegah dengan kesadaran dan kepedulian yang tinggi tentang pentingnya menjaga kebersihan dilingkungannya, pungkas Edi.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar


JUMLAH PENGUNJUNG

MAP PENGUNJUNG