Kamis, 21 Maret 2019

Bersama Pemdes, Babinsa Tamanayu Gelar Kegiatan Sosialisasi Kesehatan Jiwa


Mewujudkan kesejahteraan masyarakat dibidang kesehatan guna menciptakan pola hidup yang sehat baik jasmani maupun rohani, pemerintah Desa Tamanayu Kecamatan Pronojiwo Kabupaten Lumajang menggelar sosialisasi kesehatan jiwa yang dilaksanakan di balai desa setempat, Kamis (21/3/2019).

dr. Upik selaku Penyaji materi dari Dinas Kesehatan Kabupaten Lumajang menyampaikan, kesehatan jiwa adalah kondisi dimana seseorang individu dapat berkembang secara fisik, mental, spritual dan sosial sehingga individu tersebut menyadari kemampuannya, dapat mengatasi tekanan, serta dapat bekerja secara produktif dan mampu memberikan kontribusi untuk dilingkungannya. 

Lebih lanjut Ia menjelaskan, penyebab gangguan kesehatan jiwa ada banyak hal, mulai dari kekerasan terhadap anak dan perempuan terutama kekerasan seksual, pornografi, penyalahgunaan narkotika, kecanduan media elektronik dan jejaring sosial, gangguan kejiwaan, dampak dari bencana dan sebagainya yang kurang mendapat perhatian atau terabaikan karena ketidakpahaman, kelelahan, kurang peduli, ketersediaan serta akses pelayanan kesehatan jiwa yang sulit dijangkau, sehingga menjadikan kendala dalam penanganannya.

”Hal ini harus segera segera dilakukan pencegahan dan dikendalikan karena berbagai aspek tersebut dapat membebani keluarga, masyarakat dan negara," tutur dr. Upik. 

Dalam acara tersebut, Babinsa Tamanayu Serka Reno Andriyanto juga menghimbau kepada masyarakat untuk melaporkan kepada pihak-pihak terkait, terutama pemerintah desa apabila dilingkungannya terdapat warga yang mengalami gejala gangguan jiwa, sehingga dapat dilakukan penanganan dengan tepat dan cepat oleh yang berwenang.

”Mens sana in corpore sano”, yang artinya dalam badan yang sehat terdapat jiwa yang kuat, untuk itu luangkan waktu meski hanya sebentar untuk berolahraga, karena dapat mengurangi beban dan tekanan, baik pekerjaan maupun permasalahan lain dalam kehidupan kita," tambahnya. 

"Mudah-mudahan apa yang sudah dikita dapatkan dari sosialisasi hari ini dapat menjadikan ilmu dan pengetahuan sehingga bisa kita aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari," pungkasnya.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar


JUMLAH PENGUNJUNG

MAP PENGUNJUNG