Selasa, 12 Maret 2019

Kendalikan Hama, Babinsa Denok Bantu Penyemprotan Lahan Pertanian


Upaya dalam peningkatan hasil panen terus dilakukan dalam rangka menunjang kesuksesan program ketahanan pangan nasional yang telah dicanangkan oleh pemerintah. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan pengendalian hama yang dapat merusak tanaman.

Seperti yang dilakukan Babinsa Denok Koramil 0821/01 Lumajang, bersama dengan PPL anggota Kelompok Tani Makmur 3 Desa Denok, melaksanakan penyemprotan hama wereng yang bertempat di lahan milik Sawi, warga Dusun Denok Wetan RT 01 RW 04 Desa Denok Kecamatan Lumajang seluas satu hektar, Selasa (12/03/2019).

Pelaksanaan penyemprotan hama wereng tersebut juga didampingi oleh Dinas Penyuluhan Kabupaten Lumajang, Koordinatur Penyuluh Kecamatan Lumajang, serta petugas PT Petrokimia Gresik.

Juwariyah, koordinator penyuluh kecamatan Lumajang di sela pelaksanaan kegiatan mengatakan, bahwa pelaksanaan kegiatan penyemprotan dilakukan sebagai upaya dalam mengendalikan organisme pengganggu tanaman yang ada di lahan pertanian petani.

“Kita lakukan penyemprotan hama di lahan yang terserang wereng, untuk mencegah penyebarannya ke lahan pertanian yang lain,” katanya.

Dirinya juga menambahkan, dalam pelaksanaan kegiatan ini tidak hanya melakukan penyemprotan saja, tetapi juga memberikan penjelasan kepada petani tentang tata cara penyiapan obat serta cara enyemprotan yang benar.

“Semoga dengan pelaksanaan kegiatan ini, organisme pengganggu tanaman seperti wereng dapat dikendalikan dan tidak sampai menyebar ke lahan pertanian yang lain, sehingga dapat memaksimalkan hasil pertanian pada musim panen mendatang,” tutur Juwariyah.

Di lain pihak, Babinsa Denok Serda M. Ansori juga mengatakan, bahwa babinsa disamping melaksanakan tugas pembinaan wilayah, juga bertugas mendampingi petani dalam upaya peningkatan hasil pertanian.

“Tidak hanya mendampingi dalam kegiatan di lahan pertanian saja, kita selalu koordinasi dengan PPL dan instansi terkait untuk membantu petani dalam mencari solusi permasalahan yang dihadapi petani,” ungkapnya.

“Semoga pada musim panen mendatang, hasil panen petani di wilayah Desa Denok dapat melimpah sesuai dengan harapan, sehingga dapat menunjang keberhasilan program ketahanan pangan nasional seperti yang diharapkan oleh pemerintah,” pungkas Serda Ansori.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar


JUMLAH PENGUNJUNG

MAP PENGUNJUNG