Minggu, 23 Juni 2019

Peran Aktif Babinsa Dalam Melestarikan Budaya Daerah


Sebagai wujud kepedullian TNI terhadap kelestarian seni budaya daerah, Babinsa Pronojiwo Koramil 0821/14 Pronojiwo turut andil dalam latihan Gebyak Seni Barong Cokot di halaman Kantor Kecamatan Pronojiwo, sebagai persiapan mengikuti Lomba festival seni budaya di Magelang Jawa Tengah.

Guna mendukung persiapan tersebut, Babinsa Pronojiwo Serma Murdiono, bersama dengan Babinkamtibmas mengamankan jalannya latiahan persiapan tersebut, Minggu (23/06/2019).

Di sela kegiatan, Serma Murdiono menyampaikan, peran aktif babinsa dalam persiapan lomba ini merupakan wujud kedekatan aparat keamanan bersama warga, serta serta sebagai wujud kepedulian TNI dalam melestarikan seni budaya daerah.

"Bersama Babinkamtibmas Pronojiwo, kita mengamankan proses latihan, mengingat banyaknya warga yang antusias untuk melihat Gebyak Seni Barong Cokot," tuturnya.

Sementara itu Alfian, Camat Pronojiwo mengatakan, salah satu unsur budaya yang paling terlihat dalam masyarakat adalah kesenian, lebih khususnya kesenian tradisional. Kesenian setiap daerah sangat beragam bentuknya dan secara tidak langsung memberikan ciri khas atau identitas yang berbeda bagi bagi setiap daerah.

"Seperti halnya Seni Barong dan Barongan yang ada di Kecamatan Pronojiwo Kabupaten Lumajang Jawa Timur ini, yang mencerminkan sifat masyarakat Pronojiwo yang spontanitas, kekeluargaan, kekompakan, dan keberanian yang didasari dengan kebenaran," jelasnya.

"Semoga dengan turut sertanya Gebyak Seni Barong Cokot di Festival Seni Budaya Magelang pada 6 Juli 2019 mendatang, dapat memperkenalkan kesenian daerah pronojiwo kepada masyarakat, sehingga dapat membwa nama baik Kabupaten Lumajang," harap Alfian.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar


JUMLAH PENGUNJUNG

MAP PENGUNJUNG