Minggu, 02 Desember 2018

Wujud Kepedulian Kepada Petani, Personel Koramil 0821/17 Pasrujambe Normalisasi Irigasi Pasca Longsor


Pasca hujan deras beberapa hari yang lalu, wilayah Dusun Krajan II Desa Pasrujambe Kecamatan Pasrujambe Kabupaten Lumajang menyebabkan terjadinya longsor, saluran irigasi yang berada dibawah tebing diwilayah tersebut tertutup material tanah sepanjang 15 m.

Guna menormalisasi saluran air tersebut agar bisa berfungsi sebagaimana mestinya, personel Koramil 0821/17 Pasrujambe bersama dengan warga setempat yang tergabung dalam kelompok tani Mitra Tani bahu membahu menggelar kegiatan karya bakti guna menyingkirkan material tanah yang menutupi saluran air tersebut, Sabtu (1/11/2018).

Danramil 0821/17 Pasrujambe Kapten Inf Suyono yang juga hadir di lokasi kegiatan mengatakan, karya bakti yang dilaksanakan bersama dengan warga merupakan upaya untuk menormalisaai saluran irigasi agar secepatnya bisa berfungsi kembali sebagai mana mestinya untuk sarana pengairan lahan bagi para petani.

"Sebagai Satuan Kewilayahan yang berada ditengah-tengah masyarakat akan senantiasa peduli dengan keadaan dan permasalahan yang dihadapi oleh para warga didaerah termasuk diantaranya adalah menanggulangi terjadinya bencana alam dan berbagai persoalan lainnya yang dihadapi oleh masyarakat," ujarnya.

"Kepada masyarakat juga dihimbau untuk selalu waspada terhadap segala kemungkinan yang terjadi dengan cuaca hujan yang terjadi pada saat ini, mengingat wilayah Kecamatan Pasrujambe mayoritas berada di dataran tinggi yang rentan terjadi tanah longsor jika musim hujan," tuturnya.


"Masyarakat juga diharapkan segera melaporkan segala perkembangan yang terjadi di lingkungan masing-masing kepada aparat pemerintah yang ada, baik Babinsa maupun Babinkamtibmas agar permasalahan yang ada bisa segera mendapatkan penanganan secepatnya," harap Danramil.


Sementara itu Hariono, Kades Pasrujambe juga menambahkan bahwa kepada masyarakat diharapkan menumbuhkan kepekaan terhadap cuaca hujan sebagai upaya untuk mengantisipasi gejala-gejala sejak dini terhadap ancaman bencana yang terjadi terutama tanah longsor.

"Mewakili masyarakat Desa Pasrujambe saya mengucapkan terimakasih kepada personel Koramil Pasrujambe yang sudah memotivasi warga sehingga saluran sepanjang 15 meter yang tertutup material longsoran dapat disingkirkan dan irigasi ini bisa difungsikan kembali, mengingat pada saat ini para warga petani sudah memasuki persiapan masa tanam," pungkas Hariono.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar


JUMLAH PENGUNJUNG

MAP PENGUNJUNG