Kamis, 06 Desember 2018

Forkopimda Lumajang Gelar Apel Kesiapsiagaan Bencana


Mengantisipasi berbagai permasalahan yang ada selama musim hujan pada saat ini, Forkopimda Kabupaten Lumajang bersama dengan unsur jajarannya menggelar Apel Kesiapsiagaan dan perlengkapan siaga darurat banjir, tanah longsor, puting beliung dan bencana lainnya yang bertempat di Alun-alun Kota Lumajang, Kamis (6/11/2018).

Bertindak sebagai Irup pada kegiatan tersebut Dandim 0821 Lumajang Letkol Czi Agus Iskarman, S.E., Komandan Apel dijabat oleh Danramil 0821/01 Lumajang Kapten Arm Ony Ariyanto, S.H. dan yang bertindak sebagai Perwira Apel Pasi Pers Kodim 0821 Lumajang Kapten Inf Wahyutomo serta diikuti oleh pasukan dari personel Kodim 0821, Yonif 527/BY, Polri, unit P3M dan karyawan dinas Kabupaten Lumajang dan perwakilan dari mahasiswa maupun pelajar wilayah Kabupaten Lumajang.

Dalam amanatnya Dandim 0821 Lumajang menyampaikan, bahwa wilayah kabupaten Lumajang memiliki kondisi geografis, geologis, hidrologis, dan demografis yang memungkinkan terjadinya bencana, baik yang disebabkan oleh faktor alam, faktor non alam maupun faktor manusia, yang menyebabkan timbulnya korban jiwa, kerusakan lingkungan, kerugian harta benda, dan dampak psikologis yang dalam keadaan tertentu dapat menghambat pembangunan pembangunan daerah.

"Perlu diketahui kegiatan ini merupakan sebagian kecil dari upaya mitigasi bencana yang memiliki nilai dan pesan moral yang tinggi dihadapkan dengan berbagai ancaman bencana alam di wilayah Kabupaten Lumajang yang begitu konpleks, termasuk tren bencana global akibat degradasi lingkungan, perubahan iklim dengan intensitas kejadian menimbulkan kerugian, kerusakan, serta mengganggu aktivitas dan kelangsungan kehidupan," lanjutnya.


"Sesuai dengan Undang-undang No. 24/2007 tentang penanggulangan bencana memberikan makna tugas kebencanaan sesuai lingkup kerja dan tupoksih kebencanaan, aktif dan rensponsif atas terjadinya musibah bencana wilayah dengan cepat dalam memberikan tanggapan, bantuan dan pertolongan terhadap daerah terdampak," pungkas Dandim 0821.


Usai pelaksanaan upacara, Bupati dan Wakil Bupati bersama dengan jajaran Forkopimda Lumajang mengadakan pengecekan untuk melihat secara langsung sarana dan prasarana pendukung kesiapsiagaan darurat bencana diantaranya peralatan dapur umum, kesehatan dan kendaraan untuk menunjang dalam pelaksanaan operasional penanggulangan bencana.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar


JUMLAH PENGUNJUNG

MAP PENGUNJUNG