Jumat, 01 Juni 2018

Peringatan Hari Lahir Pancasila Ke 73, Dandim 0821 Sebagai Irup Upacara


Peringatan Hari Lahir Pancasila yang ke-73 tahun 2018 diperingati dengan pelaksanaan upacara bendera yang bertempat di Alun alun Kota Lumajang. Bertindak sebagai inspektur upacara dalam kegiatan tersebut Dandim 0821/Lumajang Letkol Czi Agus Iskarman, S.E., Jumat (1/6/2018).


Dalam amanahnya Dandim 0821 membacakan sambutan Presiden RI dalam rangka upacara peringatan hari lahir Pancasila, bahwa Pancasila sudah menjadi bintang pemandu bangsa Indonesia selama 73 tahun bertahan dan tumbuh di tengah deru ombak ideologi lain yang berusaha menggantinya.


"Secara singkat Pancasila pertama kali diuraikan oleh Bung Karno pada tanggal 1 Juni 1945 kemudian dituangkan dalam Piagam Jakarta tanggal 22 Juni 1945 dan dirumuskan secara final pada tanggal 18 Agustus 1945," jelasnya.


Lebih lanjut disampaikan Dandim, sebagai bangsa yang majemuk yang terdiri atas 714 suku dengan 1.100 lebih bahasa lokal yang mendiami 17.000 pulau, semangat persatuan dan Bhinneka Tunggal Ika merupakan pilar utama dalam kehidupan berbangsa.


Dengan modal semangat dan energi kebersamaan kita akan mampu berprestasi dan memenangkan kompetisi untuk mengibarkan bendera Merah Putih dievent Asian Games yang diselenggarakan tahun ini.


"Peringatan Hari Lahir Pancasila setiap tanggal 1 Juni harus dimanfaatkan sebagai momen pengingat, momen pemacu, dan momen aktualisasi nilai-nilai Pancasila sehingga sudah saatnya untuk berbagi pengalaman ber Bhinneka Tunggal Ika, berbagi pengalaman dalam mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila," tuturnya.


Di akhir amanatnya Dandim berpesan agar seluruh lapisan masyarakat dan komponen bangsa untuk bersama-sama mengamalkan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari serta meneguhkan semangat bersatu, berbagi dan berprestasi menuju negara yang maju dan jaya, "Selamat hari lahir Pancasila, kita bersatu, kita berbagi, kita berprestasi," pungkas Dandim.


Setelah upacara selesai dilanjutkan dengan penyerahan piala kepada tiga peserta upacara terbaik pada saat itu. (Pendim0821)
Share:

0 komentar:

Posting Komentar


JUMLAH PENGUNJUNG

MAP PENGUNJUNG