Jumat, 25 Januari 2019

Kampanyekan Hidup Sehat, Babinsa Kalipepe Dampingi Petugas Puskesmas Gelar ODF


Mewujudkan kesejahteraan masyarakat dibidang kesehatan, petugas Puskesmas Yosowilangun didampingi Babinsa Kalipepe Koramil 0821/11 menggelar kegiatan ODF (Open Devecation Free) yang dilaksanakan di wilayah Desa Kalipepe Kecamatan Yosowilangun Kabupaten Lumajang, Jum`at (25/01/2019).

Babinsa Kalipepe Koramil 0821/11 Yosowilangun Pelda Mashuri mengatakan, adanya kegiatan ODF (Open Devecation Free) akan sangat bermanfaat bagi warga mengingat saat ini masih ditemukan beberapa warga yang masih mengikuti perilaku hidup kurang sehat seperti membuang kotoran/BAB disembarang tempat sehingga menganggu kesehatan dilingkungannya.

"Kegiatan ini sekaligus mengkampanyekan, menganjurkan, menghimbau dan mengajak kepada masyarakat untuk meninggalkan perilaku yang buruk dalam BAB dengan membuang kotoran disembarang tempat baik di pekarangan, kebun maupun di sungai yang akan mengganggu kesehatan lingkungan, serta mengajak untuk menerapkan pola hidup sehat dengan BAB ditempat yang layak/WC," ujarnya.
   
Sementara itu Hasanatul, petugas Puskesmasda kegiatan tersebut juga mengatakan hal yang sama, kegiatan ODF bertujuan untuk memberikan kesadaran dan memberikan pengertian kepada masyarakat untuk berbudaya hidup sehat dengan tidak membuang kotoran/BAB disembarang tempat.

Lebih lanjut ia juga menjelaskan, bahwa kegiatan ODF yang saat ini sedang dilaksanakan merupakan tindak lanjut dari hasil Lokakarya Mini Lintas Sektoral beberapa waktu yang lalu, sehingga diputuskan dan disepakati bersama untuk memecahkan permasalahan kesehatan masyarakat yang ada diwilayah kecamatan Yosowilangun.

”Secara bergilir, dari desa ke desa kegiatan ini nantinya akan terus berjalan hingga memenuhi target sesuai dengan yang  diharapkan,” ungkapnya. 
      
"Mudah-mudahan dengan kegiatan ODF ini, masyarakat sadar untuk mengikuti pola hidup sehat dan bersih, BAB hanya dijamban sehingga peningkatan kualitas dari sumberdaya manusia guna menghindarkan dari segala penyakit yang dapat berjangkit dilingkungan sekitar, terimakasih kepada Babinsa yang sudah mendampingi kegiatan ini sehingga warga menjadi termotivasi dan juga semakin sadar serta mengerti," pungkas Hasanatul.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar


JUMLAH PENGUNJUNG

MAP PENGUNJUNG