Senin, 04 November 2019

Musim Hujan Tiba, Puskesmas, TNI dan Pemdes Kedungjajang Lakukan Pengasapan ke Pemukiman Warga

Lumajang, Pendim 0821 –  Babinsa Bandaran Pos Koramil 0821/05 Kedungjajang Serka Muhammad Soli  menyampaikan bahwa saat ini musim penghujan telah tiba. Oleh karena itu, pihaknya bersama Petugas Puskesmas dan  Pemerintah Desa (Pemdes) Kedungjajang melakukan fogging atau pengasapan ke rumah warga.

"Fogging ini kita lakukan sebagai upaya untuk mengantisipasi perkembangbiakan nyamuk Aedes Aegypti yang menyebabkan penyakit DBD (Demam Berdarah Dengue, red) di pemukiman warga," ujarnya dalam kegiatan fogging, di Dusun Krajan dan Dusun Dawuhan Desa Kedungjajang Kecamatan Kedungjajang Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Minggu (03/11/2019).

Soli juga menyampaikan, kegiatan fogging tersebut murni kegiatan teritorial kewilayahan yang rutin dilakukan setiap musim hujan tiba, dan setelah dilakukan fogging diharapkan pemukiman warga terbebas dari penyakit DBD.

“Kami juga imbau agar masyarakat selalu menjaga kebersihan lingkungan agar tidak memberi kesempatan bagi nyamuk untuk bersarang dan berkembang biak, yaitu dengan cara 3 M (menguras, menutup dan mengubur, red),” katanya.

Sementara itu, Petugas Fogging Puskesmas Kedungjajang Haryanto mengatakan, bahwa DBD merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus dengue, yang penyebarannya melalui gigitan nyamuk Aedes Aegypti.

Lanjut dia, dalam pelaksanaannya Dinas Kesehatan yang bekerja sama dengan Perangkat Desa dan Babinsa, dengan tujuan dapat memutus siklus penyebaran dan pemberantasan nyamuk Aedes Aegypti agar tidak bisa berkembang biak lebih banyak.

“Kami harap warga terus menjaga kebersihan lingkungan setelah dilakukannya pengasapan, karena hal itu sangat perlu dilakukan untuk mencegah perkembangbiakan Aedes Aegypti nantinya,” harapnya. (Pendim 0821/Fj).
Share:

0 komentar:

Posting Komentar


JUMLAH PENGUNJUNG

MAP PENGUNJUNG