Sabtu, 02 November 2019

Masyarakat Padang Lumajang Diimbau Jaga Kelestarian Sungai


Lumajang, Pendim 0821 – Danramil 0821/20 Padang Lettu Inf Kaulan mengimbau kepada masyarakat untuk selalu menjaga kelestarian lingkungan sungai, agar ekosistem hayati dapat terjaga dan selalu memberikan manfaat dalam kehidupan masyarakat.

Hal tersebut disampaikannya saat memimpin personelnya membantu masyarakat melaksanakan pembersihan Sungai Gasinten yang berada di Dusun Krajan Desa Tanggung Kecamatan Padang Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Sabtu (2/11/2019).

Kaulan juga menyampaikan, menjaga kelancaran aliran sungai menjelang musim hujan sangat penting dilakukan, agar aliran air tidak terhambat oleh sampah dan tanaman liar, sehingga tidak sampai menyebabkan meluapnya air yang dapat menggenangi pemukiman masyarakat.

“Dengan dilaksanakannya pembersihan ini, diharapkan ekosistem hayati sungai Desa Tanggung dapat terjaga, serta aliran air menjadi lebih lancar tanpa ada sampah dan tanaman liar yang menghambat,” ujarnya.

Sementara itu Camat Padang Deni Rohman mengatakan, Sungai Gasinten merupakan saluran irigasi yang dimanfaatkan untuk mengairi lahan sawah petani yang ada di Desa Tanggung dan Desa Merakan kecamatan setempat.

Dia menambahkan, di samping melestarikan lingkungan sungai, juga sebagai persiapan menghadapi musim hujan dan menambah debit air, agar dapat mengalirkan air lebih lancar sehingga dapat memenuhi kebutuhan air lahan sawah petani dan mencegah meluapnya air.

“Mengingat pentingnya Sungai Gasinten ini, diharapkan masyarakat dapat menjaga kebersihan dan kelestariannya dengan tidak membuang sampah di sungai, serta secara rutin membersihkan tanaman liar yang dapat menghambat aliran air,” pungkasnya. (Pendim0821/Fj).
Share:

0 komentar:

Posting Komentar


JUMLAH PENGUNJUNG

MAP PENGUNJUNG