Jumat, 08 Februari 2019

Antisipasi Wabah DBD, Babinsa Selok Awar-awar dan Warga Bersihkan Saluran Air


Guna menciptakan lingkungan yang bersih dan berpola hidup sehat kepada masyarakat, Babinsa bersama Staf Desa Selok Awar-awar Kecamatan Pasirian Kabupaten Lumajang, mengajak warga yang ada di wilayah  RT 29 RW 11 Dusun Krajan I mengadakan kerja bakti, dalam rangka kegiatan padat karya pembersihan saluran air yang ada di wilayah setempat, Jumat (8/2/2019).

Koptu Slamet Hariyadi, Babinsa Selok Awar-awar Koramil 0821/08 Pasirian mengatakan, kegiatan kerja bakti bersama dengan Staf desa beserta warga merupakan upaya untuk menciptakan lingkungan yang bersih sehingga pola hidup sehat ditengah masyarakat dapat kita wujudkan bersama.

"Menindaklanjuti musim hujan seperti saat ini, warga kita himbau sekaligus diajak bersama untuk membersihkan lingkungan disekitar tempat tinggal terutama saluran air yang ada jangan sampai terjadi adanya penyumbatan karena akan dijadikan sebagai tempat berkembangbiak nyamuk yang menyebabkan kerawanan terhadap mewabahnya penyakit DBD," terang Koptu Slamet.

Ia juga menambahkan, bahwa kegiatan seperti saat ini bertujuan untuk menumbuhkembangkan kesadaran kepada masyarakat tentang pentingnya kebersihan lingkungan yang akan mendukung terhadap tercapainya pola hidup sehat sehingga upaya antisipasi sejak dini terhadap mewabahnya penyakit DBD.

Sementara itu Pj. Kepala Desa Selok Awar-awar Eko Prasetyo, yang juga hadir dalam kegiatan kerja bakti bersama seluruh perangkat desa menjelaskan, bahwa kegiatan ini merupakan program dari Padat Karya yang dialokasikan pada sektor pembersihan saluran air yang juga berfungsi sebagai irigasi bagi warga khususnya para petani dalam pendistibusian pengairan menuju lahan persawahan.

"Saluran ini menjadi kurang lancar karena terkendala dengan adanya sampah dan pendangkalan akibat dari endapan lumpur yang semakin menebal, jika tidak kita upayakan pembersihan, alirannya menjadi kurang lancar bahkan sebagaian mengalami penyumbatan, tentunya akan menimbulkan berbagai permasalahan, antara lain terjadi luapan dan genangan air ditengah lingkungan warga serta rentan dijadikan tumbuhnya jentik-jentik nyamuk," tuturnya.

"Kepada warga juga dihimbau untuk senantiasa menjaga kebersihan lingkungan, tidak membuang sampah di saluran air sehingga alirannya akan tetap terjaga kelancarannya," pungkas Pj. Kades Selok Awar- awar.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar


JUMLAH PENGUNJUNG

MAP PENGUNJUNG