Rabu, 02 Oktober 2019

Serbuan Terititorial TNI di Desa Tekung untuk Wujudkan Lingkungan Bersih dan Sehat

Lumajang, Pendim 0821 – Untuk mewujudkan lingkungan yang bersih dan sehat dalam kehidupan masyarakat, jajaran Tentara Nasional Indonesia (TNI) gencar melakukan program Serbuan Terititorial di wilayah binaannya.

Hal tersebut disampaikan oleh Babinsa Tekung Koramil 0821/15 Tekung Serda Ruslan dalam kegiatan bersih-bersih sungai, di Dusun Magersari Desa Tekung Kecamatan Tekung Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Selasa (1/10/2019).

Ruslan juga menyampaikan, bahwa Program Serbuan Terititorial merupakan sebuah perwujudan dedikasi, semangat dan loyalitas dari para prajurit TNI yang difokuskan sebagai suatu bentuk pengabdian bagi kepentingan Nasional, dan juga merupakan pertanggungjawaban TNI kepada bangsa dan Negara.

“Dalam hal ini, TNI khususnya TNI AD bekerja sama dengan Pemerintahan hingga tingkat desa, Tokoh Masyarakat dan berbagai elemen masyarakat, melakukan kegiatan untuk membantu dan meringankan, serta mengatasi kesulitan-kesulitan rakyat,” ujarnya.

Selain itu, disampaikan Ruslan, bahwa gotong royong pembersihan sungai yang merupakan fasilitas jaringan irigasi lahan pertanian di Kecamatan Tekung tersebut, adalah sebagai antisipasi terjadinya luapan air saat musim penghujan tiba nanti.

“Upaya ini untuk antisipasi luapan air saat musim hujan tiba. Jadi, jika hujan lebat atau debit air besar nanti alirannya bisa lancar, karena tidak terjadi penumpukan sampah yang dapat menyebabkan terjadinya banjir,” katanya.

Ia menambahkan, bahwa dengan untuk memaknai Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-74 TNI, pihaknya ingin mengajak masyarakat meningkatkan semangat gotong royong untuk mewujudkan lingkungan yang bersih dan sehat.

“Kami imbau agar masyarakat untuk ikut menjaga kebersihan sungai agar lingkungan menjadi bersih, sejuk dan nyaman, serta dapat menjauhkan wabah penyakit yang disebabkan oleh sampah,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Desa Tekung Muhammad Sifak mengatakan, bahwa dirinya menyambut baik atas terealisasinya program Serbuan Terititorial, dan pihaknya bersama masyarakat ikut berpartisipasi guna menyukseskannya.

“Pemerintah dan masyarakat Desa Tekung akan ikut berpartisipasi untuk memaknai momentum HUT TNI, dengan memberikan dukungan terhadap kegiatan atau program positif yang rencanakan oleh TNI, karena hasilnya nanti pasti akan dapat dirasakan masyarakat,” katanya.

Ia berharap dengan menjaga kebersihan sungai, masyarakat yang khususnya mata pencahariannya adalah petani dapat mamanfaatkan untuk kelancaran pengairan lahan pertanian. (Pendim 0821/Fj)
Share:

0 komentar:

Posting Komentar


JUMLAH PENGUNJUNG

MAP PENGUNJUNG