Sabtu, 26 Oktober 2019

Masyarakat Tunjung Diimbau Jaga Kesehatan dan Kelestarian Lingkungan

Lumajang, Pendim 0821 – Plh. Danramil 0821/07 Randuagung Kapten Inf Ely Su priyadi mengimbau kepada masyarakat Desa Tunjung agar selalu menjaga kelestarian lingkungan, dengan tidak menggunakan sungai sebagai sarana untuk Mandi Cuci Kakus (MCK).

Hal tersebut disampaikannya saat dalam kegiatan Sosialisai Kesehatan dan Susur Sungai, di Dusun Rowotambing RT 001 RW 010 Desa Tunjung Kecamatan Randuagung Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Jumat (25/10/2019).

Ely juga menyampaikan, bahwa sebagai Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang bertugas di wilayah, pihaknya punya kewajiban untuk membantu menyukseskan program yang telah direncanakan oleh pemerintah, agar terwujud masyarakat yang sehat dan sejahtera.

“Untuk itu, melalui Babinsa di wilayah, Koramil 0821/07 Randuagung akan siap membantu menyosialisasikan dan memberikan pengertian kepada masyarakat untuk tidak menggunakan sungai sebagai sarana MCK dan pembuangan sampah, sehingga kesehatan dan kelestarian lingkungan tetap terjaga,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Tunjung dr. Tanti Umiyati mengatakan, kegiatan bersama tersebut bertujuan untuk menyukseskan program Open Defecation Free (ODF), yang telah dicanangkan oleh pemerintah, serta untuk memberikan pengertian dan pemahaman kepada masyarakat tentang pentingnya menjaga kesehatan dan kelestarian lingkungan.

Ia juga mengatakan, bahwa bukan hanya masalah MCK saja, tetapi dalam kegiatan tersebut juga disosialisasikan kepada masyarakat tentang kebiasaan membuang sampah di sungai, yang dapat mengakibatkan pencemaran lingkungan.

“Selain sosialisasi, kami juga membuat banner larangan melakukan MCK dan pembuangan sampah di sungai, yang nantinya akan dipasang di beberapa tempat sepanjang aliran sungai,” pungkasnya. (Pendim 0821/Fj)
Share:

0 komentar:

Posting Komentar


JUMLAH PENGUNJUNG

MAP PENGUNJUNG