Senin, 01 Juli 2019

Bersama Poktan Kertojoyo, Babinsa Kertosari Berantas Hama Tikus



Serangan hama tikus yang meresahkan para petani menjadi perhatian serius bagi sejumlah pihak.

Menanggapi hal tersebut warga Desa Kertosari Kecamatan Pasrujambe Kabupaten Lumajang yang tergabung dalam kelompok tani Kertojoyo, bekerjasama dengan Babinsa dan Dinas terkait yang menangani pendampingan para petani, menggelar pemberantasan hama tikus di areal persawahan desa setempat, Senin (01/07/2019)

Ir. Sutrisno, Koordinator Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Kecamatan Pasrujambe yang hadir dilokasi kegiatan mengatakan, proses penanggulangan hama dan penyakit pada tanaman, merupakan upaya yang harus dilakukan. 

Kata dia, jika tidak segera ditanggulangi dapat menyebabkan berkurangnya hasil panen, bahkan mengakibatkan gagal panen.

"Dengan upaya pemberantasan hama tikus yang dilakukan secara terpadu akan bisa meminimalisir serangan tikus pada tanaman padi, setidaknya perkembangbiakan tikus di areal sawah menjadi berkurang sehingga serangan hama tersebut bisa dikendalikan seoptimal mungkin," terang Sutrisno.

Ia juga berharap, kepada para petani untuk tetap menjaga ekosistem yang ada disawah. Tidak membunuh ular dan berburu - burung hantu. 

Menurut Sutrisno, kedua binatang tersebut merupakan predator bagi hama tikus yang baik sehingga keberadaannya sangat membantu para petani.

Sementara Serda Singgah Siwen Babinsa Kertosari menyampaikann, sebagai Babinsa ia akan selalu berkoordinasi dan berkomunikasi, selanjutnya menggalang kerjasama dengan dinas terkait guna mewujudkan kesejahteraan warga khususnya para petani, sesuai dengan program pemerintah pada bidang ketahanan pangan nasional serta merealisasikan swasembada pangan dalam negeri.

Share:

0 komentar:

Posting Komentar


JUMLAH PENGUNJUNG

MAP PENGUNJUNG