Senin, 01 Oktober 2018

Tokoh Lintas Agama Wilayah Kecamatan Senduro Gelar Doa Bersama Dalam Rangka Memperingati Hari Kesaktian Pancasila


Seluruh Tokoh Lintas Agama yang ada di wilayah kecamatan Senduro menggelar doa bersama dalam rangka memperingati hari Kesaktian Pancasila tahun 2018, acara yang diselenggarakan di halaman Makoramil 0821/03 Senduro tersebut diikuti oleh seluruh tokoh elemen Lintas Agama mulai dari Umat Islam, Hindu dan Kristen yang ada di wilayah kecamatan Senduro kabupaten Lumajang, Minggu sore (30/9/2018).

Selain para tokoh Lintas Agama, kegiatan gelar doa bersama juga diikuti oleh anggota Pramuka Saka Wira Kartika dan organisasi pemuda yang ada di wilayah kecamatan Senduro.

Kapten Ony Ariyanto, S.H Danramil 0821/03 Senduro mengatakan bahwa kegiatan doa bersama yang diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Kesaktian Pancasila dengan tujuan untuk memohon kepada Tuhan YME agar Pancasila sebagai salah satu ideologi dan falsafah hidup bangsa Indonesia tetap berdiri tegak serta kokoh menjadi pedoman dan pandangan hidup seluruh rakyat Indonesia.

”Melalui kegiatan seperti ini, kita bersama dengan seluruh komponen dan elemen masyarakat yang ada bertekad bulat untuk menyatukan persepsi dan komitmen bersama bahwa Pancasila merupakan ideologi negara yang harus dipertahankan dan dijaga kedaulatannya sebagai dasar negara yang tak tergantikan”, tegas Kapten Ony.

"Dengan momentum Hari Kesaktian Pancasila sekarang, kita mencoba untuk menggali kembali makna mendalam Pancasila sebagai ideologi bangsa, dasar hukum dan pandangan hidup bangsa Indonesia untuk ditanamkan para generasi penerus bangsa sehingga mereka mempunyai wawasan kebangsaan dan jiwa nasionalisme yang kuat supaya tidak terjebak pada radikalisme baik ekstrim kanan maupun kiri seperti timbulnya bahaya laten Komunis yang perlu diwaspadai," pungkas Kapten Ony.

Hal senada juga diungkapkan oleh Edi Sumianto, S. Ag selaku Ketua PHDI (Persatuan Parisada Hindu Dharma Indonesia) Kabupaten Lumajang, bahwa seluruh umat antar Lintas Agama khususnya wilayah Kecamatan Senduro dan umumnya Kabupaten Lumajang bertekad bulat dan berkomitmen bersama untuk menjadikan Pancasila sebagai landasan untuk mempersatukan umat beragama serta menjadikan sebagai pemersatu antar umat beragama dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Pasca kegiatan doa bersama dilanjutkan dengan kegiatan sholat Maghrib berjamaah dan pembacaan surat Yassin bagi yang beragama Islam.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar


JUMLAH PENGUNJUNG

MAP PENGUNJUNG