Selasa, 23 Oktober 2018

Perlancar Aliran Air, Personel Koramil 0821/15 Tekung Bersama Dinas PU Pengairan Dan Anggota Poktan Bersihkan Sungai Bondoyudo Kecil


Aliran air yang lancar merupakan salah satu faktor utama dalam mendukung pelaksanaan kegiatan pertanian. Guna mewujudkan hal tersebut, Personel Koramil 0821/15 Tekung bersama dengan petugas Dinas PU Pengairan dan kelompok Hippa Kecamatan Tekung melaksanakan pembersihan Sungai Bondoyudo Kecil yang berada di Dusun Wunutbasin RT 02 RW 04 Desa Wonokerto Kecamatan Tekung Kabupaten Lumajang, Selasa (23/10/2018).

Menurut Sunondo, petugas Dinas PU Pengairan bahwa Sungai Bondoyudo Kecil ini merupakan saluran irigasi yang mempunyai peranan penting bagi kegiatan pertanian di wilayah Kecamatan Tekung khususnya di Desa Wonokerto.

“Saat ini kondisi badan Sungai Bondoyudo Kecil mulai menyempit akibat timbunan tanah dan banyak ditumbuhi tanaman liar sehingga aliran airnya kurang maksimal,” ungkapnya.

Lebih lanjut disampaikan Sunondo, target utama pelaksanaan kegiatan ini adalah membersihkan tanaman liar yang tumbuh di kanan kiri badan sungai serta melakukan pengerukan kembali untuk mengurangi timbunan tanah.

“Dengan pembersihan ini diharapkan dapat memperlancar dan menambah debit air sehingga dapat mendukung kebutuhan air bagi lahan pertanian yang bergantung pada saluran irigasi ini,” tutur Sunondo.

Sementara itu Danramil 0821/15 Tekung Kapten Arm Abdul Azis di sela pelaksanaan kegiatan mengatakan bahwa sebagai anggota TNI yang bertugas di wilayah teritorial di samping tugas melaksanakan pembinaan wilayah juga sebagai pendamping dalam kegiatan pertanian.

“Dengan berkoordinasi dan bekerja sama dengan BPP Kecamatan dan instansi terkait, kita berupaya semaksimal mungkin membantu petani dalam meningkatkan hasil pertaniannya salah satunya dengan menjamin ketersediaan air sebagai faktor utama pendukung pertanian,” tambahnya.

“Sebagai pendamping bidang pertanian, kami siap mendukung dan membantu pemerintah dalam meningkatkan hasil pertanian demi suksesnya program ketahanan pangan nasional,” tegas Danramil.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar


JUMLAH PENGUNJUNG

MAP PENGUNJUNG