Rabu, 10 Oktober 2018

Personel Koramil 0821/12 Jatiroto Bersama Masyarakat Bersihkan Monumen Garuda Pancasila


Sebagai wujud penghargaan terhadap jasa para pejuang daerah, Personel Koramil 0821/12 Jatiroto bersama dengan masyarakat melaksanakan karya bakti pembersihan lingkungan Monumen Garuda Pancasila yang berada di Dusun Krajan II Desa Banyuputih Kidul Kecamatan Jatiroto Kabupaten Lumajang, Rabu (10/10/2018).

Menurut Umar Faruk, Kepala Desa banyuputih Kidul bahwa monumen Garuda Pancasila ini dibangun pada tahun 1965 sebagai pintu masuk dari Desa Banyuputih Lor yang berada di wilayah Kecamatan Randuagung menuju wilayah Kecamatan Jatiroto yang melalui Desa Banyuputih Kidul.

“Monumen Garuda Pancasila tersebut dibangun oleh K.H. Nasrudin yang saat itu sebagai Kepala Desa Banyuputih Kidul juga sebagai Ketua Ranting BP Anshor Banyuputih Kidul, monumen ini selain sebagai pintu masuk desa juga sebagai monumen peringatan perlawanan terhadap PKI,” tuturnya.

Lebih lanjut disampaiakan kades, keberadaan Monumen Garuda Pancasila yang kurang terpelihara dan letaknya yang kurang strategis sehingga banyak rumput dan tanaman liar yang menutupinya.

“Diharapkan dengan kegiatan ini masyarakat dapat lebih mengenal dan memahami serta menghargai jasa pahlawan daerah yang telah berjuang mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” tambahnya.

“Ke depan, pemerintah desa akan membuatkan pagar dan menata kembali sekitar monumen agar lebih terlihat dan lebih terjaga kelestariannya sehingga para pahlawan daerah dapat selalu dikenang sampai anak cucu kelak,” tandas kades.

Sementara itu, Sertu Abdulrohman Wahid yg disapa selaku Babinsa setempat juga menambahkan bahwa keberadaan Monumen Garuda Pancasila ini perlu untuk selalu dirawat dan dilestarikan agar generasi muda yang akan datang dapat meneladani semangat perjuangan pahlawan daerah dalam mempertahankan NKRI.

“Dihimbau kepada masyarakat untukselalu berperan aktif dalam menjaga, merawat dan memelihara monumen ini sebagai tonggal perjuangan masyarakat Jatiroto khususnya Desa Banyuputih Kidul agar nilai-nilai sejarah dan perjuangan pahlawan daerah dapat selalu dikenang diteladani oleh masyarakat,” pungkasnya singkat.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar


JUMLAH PENGUNJUNG

MAP PENGUNJUNG